Rabu, 21 Mei 2014

Orthosiphon aristatus (Tanaman Kumis Kucing)

Kumis Kucing
(Orthosiphon aristatus)



Nama Ilmiah                : Orthosiphon aristatus L.

Sinonim              : O. aristatus(BI.) Miq, O. Grandiflorus bold, O.grandiflorum et aristatum BI, O. longiflorum ham, O.stamineus benth, clerodendranthus spicatus (thunb.) C.Y.Wu, trichostemma spiralis lour.

Nama Umum       : Java tea (Inggris), Misai Kucing (Melayu), Yaa nuat naeo(Thailand), Mao xu cao(China), Giri-giri marah(Sumatera), Remujung (Jawa Tengah dan Jawa Timur) dan Songot koceng (Madura) 

Kandungan Kimia       : Orthosiphonin glikosida, zat samak, minyak asiri, minyak lemak, saponin, sapofonin, garam kalium, mioinositol, dan sinentesin. Kalium berkhasiat diuretik dan pelarut batu saluran kencing,sinentesin berkhasiat antibakteri.

Kegunaan            : Memperlancar pengeluaran air kemih (diuretik),Rematik, Batuk, Encok (Gout arthritis), Demam, Sembelit, Sakit Pinggang, Radang, ginjal dan Batu ginjal.


Klasifikasi
Kingdom
Plantae
Divisi
Spermatophyta
Kelas
Dicotyledoneae
Sub Kelas
Asteridae
Ordo
Lamiales
Famili
Lamiaceae
Genus
Orthosiphon
Spesies
Orthosiphon aristatus (Blume) Miq

Morfologi Tumbuhan
            Kumis kucing termasuk tumbuhan tegak, pada bagian bawah berakar di bagian buku-bukunya dan tingginya mencapai 2 meter. Batang bersegi empat agak beralur berbulu pendek atau gundul.  Helai daun berbentuk bundar atau lonjong, lanset, bundar telur atau belah ketupat yang dimulai dari pangkalnya, ukuran daun panjang 1 – 10cm dan lebarnya 7.5mm – 1.5cm. Urat daun sepanjang pinggir berbulu tipis atau gundul, dimana kedua permukaan berbintik-bintik karena adanya kelenjar yang jumlahnya sangat banyak, panjang tangkai daun 7 – 29cm. Ciri khas tanaman ada pada bagian kelopak bunga berkelenjar, urat dan pangkal berbulu pendek dan jarang sedangkan di bagian yang paling atas gundul. Bunga bibir, mahkota yang bersifat terminal yakni berupa tandan yang keluar dari ujung cabang dengan panjang 7-29 cm, dengan ukuran panjang 13 – 27mm, di bagian atas ditutupi oleh bulu pendek berwarna ungu dan kemudian menjadi putih. Panjang tabung 10 – 18mm, panjang bibir 4.5 – 10mm, helai bunga tumpul, bundar. Benang sari ukurannya lebih panjang dari tabung bunga dan melebihi bibir bunga bagian atas. Buah geluk berwarna coklat gelap, panjang 1.75 – 2mm. 2.3. gagang berbulu pendek dan jarang, panjang 1 mm sampai 6 mm. Biji coklat gelap. kumis kucing terdapat secara liar di belukar, regrowths, padang rumput dan sepanjang pinggiran hutan dan pinggiran jalan. sering di daerah teduh yang tidak terlalu kering, namun juga di di tempat yang terang, ketinggian 1000 m dpl.

Asal Dan Penyebaran Geografi
 tersebar dari India, Indo-Cina dan Thailand, Malesia dan Australia. sebagai tanaman liar, tanaman ini terdapat di seluruh Malesia. saat ini tanaman tumbuh di Asia tenggara (di Jawa sejak tahun 1928), Afrika, Georgia (Caucasus) dan Kuba.

Cara Penggunaan
Rebus 30-60 g herba kering atau 90-120 g herba segar, lalu minum air rebusannya. Herba kumis kucing yang kering ataupun yang segar juga bisa diseduh, lalu diminum seperti teh.

Daftar Pustaka
Dalimartha, Setiawan. 1999. Atlas Tumbuhan Obat Manusia, Jilid 1,: Jakarta, PT PustaKa Pembangunan Swadaya Nusantara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar